Classes/Objects 

    C++ adalah bahasa pemrograman berorientasi objek. Segala sesuatu dalam C++ dikaitkan dengan kelas dan objek, beserta atribut dan metodenya. Misalnya: dalam kehidupan nyata, mobil adalah objek . Mobil memiliki atribut , seperti berat dan warna, serta metode , seperti drive dan brake. Atribut dan metode pada dasarnya adalah variabel dan fungsi yang termasuk dalam kelas. Atribut dan metode sering disebut sebagai "anggota kelas". Kelas adalah tipe data yang ditentukan pengguna yang dapat kita gunakan dalam program kita, dan berfungsi sebagai konstruktor objek, atau "cetak biru" untuk membuat objek. contoh :



Dalam C++, sebuah objek dibuat dari sebuah kelas. Kita telah membuat kelas bernama MyClass, jadi sekarang kita dapat menggunakannya untuk membuat objek. Untuk membuat objek MyClass, tentukan nama kelas, diikuti dengan nama objek. Untuk mengakses atribut kelas ( myNumdan myString), gunakan sintaks titik ( .) pada objek:




Kesimpulan

    Classes dalam C++ adalah cetak biru untuk objek, yang merupakan instance dari class. Penggunaan akses spesifier seperti public, private, dan protected mengatur aksesibilitas anggota class. Konstruktor dan destruktor adalah fungsi khusus untuk inisialisasi dan penghancuran objek. Encapsulation menyembunyikan detail implementasi untuk keamanan dan modularitas. Inheritance memungkinkan class mewarisi properti dan metode dari class lain, sementara polymorphism memungkinkan fungsi yang sama memiliki implementasi berbeda berdasarkan objek yang memanggilnya. Abstraction menyoroti fitur yang relevan dan mengabaikan detail yang tidak relevan melalui class abstrak dan fungsi virtual murni. Dengan memahami konsep-konsep ini, kita dapat menulis kode yang lebih terstruktur, modular, dan mudah dipelihara dalam C++.



Materi lanjutan C++ Classes Methods >>







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages